Kam. Sep 24th, 2020

Tugas dan Fungsi PPID Pembantu

 

Sesuai SK Bupati Cilacap Nomor 555/14/36 Tahun 2018

Dalam mengelola pelayanan informasi dan dokumentasi ditetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ( PPID ) dimana di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cilacap, PPID dijabat oleh Kasubbag Umum dan Kepegawaian. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, PPID Pembantu dibantu oleh Pengelola Website yang terdapat di Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cilacap.

Tugas Pokok PPID Pembantu :

  1. Mengumpulkan, pemutahiran, memverifikasi, mendokumentasikan, menyimpan bahan informasi publik pada wilayah tugasnya;
  2. Mengirimkan informasi publik secara berkala kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kabupaten Cilacap;

Wewenang PPID Pembantu yaitu menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan; meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/komponen/satuan kerja yang menjadi cakupan kerjanya; mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Pembantu; menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik; menugaskan PPID Pembantu untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi.

Hak dan Kewajiban PPID. PPID berhak menolak menyediakan, memberikan, dan/atau menerbitkan informasi publik yang dikecualikan dan/atau tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. PPID wajib menyediakan, memberikan, dan/atau menerbitkan informasi publik yang berada di bawah kewenangannya kepada pemohon informasi publik, selain informasi publik yang dikecualikan dan/atau tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Dalam menjalankan tugasnya dalam memberikan informasi kepada masyarakat, PPID dibantu oleh PPID Pembantu