Kam. Sep 24th, 2020

Pembinaan Monev Bankeu Kepada Pemerintah Desa Tahun 2019

Menindaklanjuti Pergub No. 7 Tahun 2019 tentang Perubahan atas pedoman Pemberian Bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa di Provinsi Jawa Tengah dan Peraturan Bupati Cilacap No 46 Tahun 2019 Tentang Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Desa yang bersifat khusus yang berasal dari dana APBD Kab. Cilacap maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai pengampu Desa2 di kabupaten Cilacap yang berjumlah 269 Desa Wajib untuk melaksanakan Monitoring dan Evaluasi kepada Pemerintah Desa.

Jadi dalam hal ini Desa2 di Kabupaten Cilacap menerima kucuran dana bantuan keuangan DD dan DAD juga menerima bantuan keuangan yang bersifat khusus (Bansus) dari APBD juga dari pemerintah provinsi seperti Banprov, Ketahanan dan juga KPMD, sehingga harus ada kontrol dari Dispermades dalam penyaluran, pelaksanaan juga pelaporan. Tim Monitoring dibagi dalam 6 Tim yang masing – masing tim telah ditentukan lokasinya . . .

Tujuan dari Monev ini yaitu

  • Menyampaikan Bintek, Pembinaan dan motivasi kepada Tim Pelaksana Keg. Bangkeu Pemdes
  • Memantau perkembangan pelaksanaan keg.
  • Mengevaluasi perkembangan pelaksanaan kegiatan
  • mengindetifi
    kasi permasalahan pelaksanaan keg. serta mencarikan solusi
  • Memfasilitasi penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan
  • Menginformasikan rencana kegiatan tahun 2010

Dari hasil Monev nanti tidak ada lagi desa yanng terlambat dalam pelaksanaan kegiatan serta terlambat dalam penyampaian LPJ.